Rabu, 06 Oktober 2010

Riko Idola Cilik Korban Tsunami

Kontroversi Riko Idola Cilik: Korban Tsunami?

Posted on: Tuesday, Apr 22, 2008
Kemarin saya mendapati sebuah komentar yang cukup mengejutkan di postingan Profil Finalis Idola Cilik RCTI:
muhammad Riza:
assalam mualaikum wr.wb
kepada panitia penyeanggara pentas idola cilik dan saanya jadi idola.
saya muhammad Riza saya kotributor okezone.com di banda aceh.kami mendapat laporan dari seorang warga banda aceh(korban tsunami) bernama tarmizi,yang mengaku sebagai orang tua dari Riko Anggara salah seorang peserta pentas idola cilik dan saatnya jadi idola. Tarmizi sangat yakin riko adalah anaknya yang hilang saat tsunami lalu. dia sangat ingin bertemu dan memastikan apakah betul itu anaknya. nama riko sebenarnya menurut tarmizi adalah Rahmad Yani. dia memiliki bekas luka di kaki.

Saya agak bingung, karena saya memang bukan mewakili pihak resmi penyelenggara Idola Cilik RCTI. Saya hanya simpatisan dadakan yang menonton dan mengamati pentas finalis Idola Cilik setiap minggunya lalu menuliskannya di blog saya. Kemarin saya sudah menjawabnya seperti ini:
#73 Muhammad Riza: Wa alaikumsalam. Nanti saya coba bantu mengkonfirmasi info ini melalui postingan di blog saya ya pak. Saya kebetulan bukan penyelenggara ataupun pihak resmi dari Idola Cilik, dan blog ini bukanlah blog resmi Idola Cilik RCTI. Mudah-mudahan ada teman-teman yang mengetahui atau bisa menghubungkan ke pihak penyelenggara Idola Cilik. Mungkin sebaiknya bapak hubungi pihak RCTI langsung. Semoga cepat mendapat konfirmasi ya. :)
Tadi pagi, Nuansa Pagi RCTI telah menjawab kontroversi ini. Diawali dengan kisah pak Tarmizi yang kehilangan anaknya saat tsunami Aceh sekitar 4 tahun yang lalu, diperlihatkan foto anaknya yang bernama Rahmad Yani sebelum hilang. Kemudian sekilas tentang Riko Anggara yang pernah menjadi anak jalanan, dan hidup bersama nenek angkatnya.
Sampai di titik ini, seakan-akan emosi penonton diarahkan untuk menengarai kemungkinan bahwa Riko adalah anak pak Tarmizi yang hilang saat tsunami.
Kemudian diperdengarkan percakapan melalui sambungan telepon dengan pak Tarmizi. Penyiar berita menanyakan apa yang membuat pak Tarmizi yakin bahwa Riko adalah anaknya yang pernah hilang. Pak Tarmizi menjawab, karena dia merasa itulah anaknya, saat melihat Riko beberapa kali tampil di Idola Cilik RCTI. Pak Tarmizi juga mengemukakan ciri-ciri fisik Rahmad Yani yang memiliki tahi lalat di kepala, dan di betis kanan ada bekas luka terkena pecahan piring (luka terjadi 4 bulan sebelum tsunami, dan meninggalkan bekas).
Selanjutnya diperdengarkan percakapan telepon dengan om Wisnu (yang selalu mendampingi Riko di Idola Cilik sebagai walinya). Om Wisnu menyatakan bahwa ciri-ciri Riko bukan seperti yang digambarkan oleh pak Tarmizi, sambil mendoakan agar anak pak Tarmizi dapat segera diketemukan. Om Wisnu juga menyatakan bahwa dia adalah adik kandung ibunya Riko, dan mengasuh Riko sejak masih kecil sepeninggal ibunya. Saat peristiwa tsunami di Aceh pun, menurut om Wisnu, Riko ada bersamanya. Ayah Riko pernah saya dengar ceritanya pergi entah kemana.
Di bagian akhir, diperdengarkan percakapan dengan Riko. Riko menyatakan bahwa dia bukanlah anak pak Tarmizi. Riko sekaligus juga mendoakan semoga anak pak Tarmizi lekas ditemukan. Riko mengatakan, tahu ketika ibunya meninggal dunia, jadi jelas bahwa ibunya Riko bukanlah istri pak Tarmizi. Dan Riko tidak pernah tinggal di Aceh Besar.
Sungguh mengharukan. Turut prihatin untuk pak Tarmizi. Nuansa Pagi mengakhiri beritanya dengan setangkup doa bagi keluarga pak Tarmizi, agar bisa segera menemukan keberadaan anaknya, Rahmad Yani, dan semoga Rahmad Yani dalam keadaan selamat.

Catatan: Tulisan ini saya kutip dari isi berita Nuansa Pagi RCTI yang saya tonton tadi pagi jam 5.55 WIB. Apabila ada kekurangan mohon maaf. Keabsahan berita Nuansa Pagi ada di tangan RCTI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar